banner

Selasa, 15 Juni 2021

Ansor Sumenep Roadshow Tajhizul Janazah di Kepulauan Sapeken

Juni 15, 2021
Sumenep - Sekali dayung puluhan pulau terlampaui. Begitulah yang disampaikan Qumri Rahman dalam kesempatan Kaderisasi Kepulauan. Selain mengisi PKD (Pelatihan Kepemimpinan Dasar) GP Ansor di Pulau Sapeken, Pimpinan Cabang GP Ansor Sumenep juga melakukan Roadshow Tajhizul Jenazah atau pelatihan pemulasaraan jenazah. Kegiatan ini dilaksanakan di beberapa titik di sekitar kepulauan Sapeken. Seperti terlihat pada Selasa (15/06/2021) malam bakda Isya bertempat di Yayasan Hidayatul Amin, Dusun Tambak, Desa Saur Saebus, Kecamatan Sapaken, Kabupaten Sumenep. 

Wakil Ketua PC GP Ansor Sumenep Bidang MDSRA, Faishal Rimzani, mengatakan kegiatan Tajhizul Janazah merupakan salah satu program unggulan dari MDSRA (Majelis Dzikir dan Shalawat Rijalul Ansor), Banom GP Ansor. Kegiatan ini menyasar kader Ansor, Kiai muda, dan masyarakat sekitar. 

"Kegiatan ini adalah program unggulan. Kebetulan kami berada di Pulau Sapaken sekalian melaksanakan Tajhizul Jenazah. Tidak hanya di Pulau Sapaken, tapi juga di Pulau sekitar seperti Pulau Saebus dan Pulau Pagerungan," ungkap Ra Faishal, panggilan akrabnya. 

Senada Ketua PC GP Ansor Sumenep, Qumri Rahman, menegaskan di setiap pulau yang disinggahi Instruktur Ansor Sumenep dilakukan pelatihan perawatan jenazah. Ra Qumri yang sekaligus menjadi pemateri mangatakan bahwa kegiatan ini ingin melahirkan generasi muda yang mengerti cara perawatan jenazah dari sakit biasa, sakit keras, hingga bersangkutan menuju ajalnya. 

"Kami melakukan ini sebagai bentuk kepedulian pada kader dan masyarakat umum agar mengetahui bagaimana merawat jenazah dengan baik dan sesuai sunnah nabi," ungkap Ra Qumri.

Dalam penjelasannya Ra Qumri menghimbau pada masyarakat untuk merawat mayit sejak dari sakitnya. Ia mencontohkan saat ada keluarga sakit kita harus mengetahui bersangkutan menuju ajal atau sakaratul maut dengan ciri-ciri tertentu, misalnya telapak kaki lemas, pelipis mencekung, dll. Dengan cara mendampingi yang dianjurkan agama Islam, misalnya ditidurkan miring menghadap ke barat (kalau tidak bisa posisi kepala di selatan tetap miring), kalau tidak bisa miring posisi kepala di timur dengan tidur terlentang. Atau kalau tidak bisa keduanya dibiarkan seadanya.  Yang mendampingi disarankan membacakan surat Yasin dan surat Ar-Ro'du, dan ditalqin. Talqin ini bisa diterjemah sesuai bahasa daerah setempat. 

Ketua Yayasan Hidayatul Amin yang sekaligus sebagai Kepala Desa Saur Saebus, Muhammad Saleh, mengaku gembira kedatangan tim Instruktur PC GP Ansor Sumenep. Ia mengakui bahwa pelatihan pengurusan jenazah di Kepulauan Sapeken sangat dibutuhkan. Pasalnya di beberapa pulau di Kepulauan Sapeken ketika ada yang meninggal kadang mengalami kesulitan pihak yang menangani. Harapannya para jamaah yang hadir bisa memahami perihal pengurusan janazah. (da)

This post have 0 komentar


:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

iqraa.id