banner

Minggu, 02 Mei 2021

Peringati Hardiknas dan Nuzulul Quran, Ansor Nonggunong Gelar Refleksi Keagamaan

Mei 02, 2021
Refleksi Keagamaan Kader Ansor Nonggunong Pulau Sepudi - Foto Istimewa 

Sumenep -
Guna memperkuat ikatan keagamaan pemahaman nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jamaah An-Nadhliyah Pimpinan Ranting GP Ansor Desa Sokarame Timur bersama Pimpinan Anak Cabang GP Ansor Kecamatan Nonggunong Kabupaten Sumenep gelar refleksi keagamaan pada Minggu (02/05) malam. Kegiatan bakda tarawih ini dilaksanakan di Masjid Soreken Desa Sokarame ini bagian dari agenda PAC GP Ansor Kecamatan Nonggunong di bulan suci Ramadhan. 

Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Nonggunong, Imam Sibawi, mengatakan bahwa pelaksanaan refleksi keagamaan ini adalah bagian dari serangkaian kegiatan Ansor Nonggunong di bulan Ramadhan. Selain kegiatan ini, Ansor Nonggunong telah melakukan kegiatan keagamaan yang tidak hanya diikuti oleh kader Ansor di Pulau Sepudi, tetapi juga masyarakat sekitar. 

"Pada kegiatan malam ini selepas tarawih kita melakukan refleksi dan dialog bersama mengenai pentingnya pemahaman kader Ansor dan masyarakat sekitar perihal wawasan keislaman ala ahlussunnah wal jamaah an-nadhliyah. Pada kegiatan ini juga kami lakukan refleksi mengenai keutamaan-keutamaan di bulan ramadhan. Sebagai warga mayoritas NU, harapannya kader Ansor di Nonggunong dapat bersinergi dengan masyarakat dalam menguatkan ghirah ke-Islaman ala manhaj ahlussunnah wal jamaah an-nahdliyah." ungkap Sibawi. 

Diakui Sibawi bahwa kegiatan refleksi ini juga bertujuan untuk mendekatkan generasi muda di Kecamatan Nonggunong pada amalan ala NU. Karena pihaknya khawatir merebaknya paham-paham baru menyebar dan mengikis pemahaman keagamaan kalangan muda di pulau Sepudi. 

Pada kegiatan ini PAC GP Ansor Kecamatan Nonggunong dan PR GP Ansor Desa Sokarame Timur mengangkat tema "Jadikan momentum bulan Ramadhan sebagai Refleksi Diri untuk Menjemput Fitrah Haqiqi." Harapannya melalui dialog atau refleksi ini  Nuzulul Quran dan Hari Pendidikan Nasional dijadikan momentum atau wahana para kader untuk meningkatkan ghairah pendidikan dan gerakan an-nahdliyah. Sibawi dan kader Ansor Nonggunong berdoa semoga memperoleh Lailatul Qodar yang diimpikan umat Islam. 

Ketua Pimpinan Ranting GP Ansor Desa Sokarame Timur, Bahrul Ulum, menambahkan kegiatan ini tidak hanya dimaksudkan untuk menumbuhkan pemahaman keagamaan an-nahdliyah, tetapi juga sebagai wahana saling mengikat diri para kader Ansor pada tujuan utamanya membesarkan Ansor-NU dan membumikan dakwah yang baik di tengah-tengah masyarakat. 

Refleksi keagamaan dipentik oleh tokoh masyarakat di Kecamatan Nonggunong sekaligus aktifis santri Iksass, Ustadz Sarif Hidayatullah dan dimoderatori oleh Murtaqi Ali dari PAC GP Ansor Kecamatan Nonggunong. Sementara yang hadir meliputi unsur kader Ansor di Kecamatan Nonggunong sendiri, Komunitas Muda Hadir Kecamatan Nonggunong, Pemuda Desa Soakareme Timur, IPNU dan IPPNU Kecamatan Nonggunong, dan sejumlah perkumpulan santri pondok pesantren di Jawa Timur yang berasal dari Pulau Sepudi. (elda)

This post have 0 komentar


:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

iqraa.id