banner

Sabtu, 24 April 2021

Gandeng DPKS, Ansor Sumenep Kaji Integrasi Pendidikan Agama dan Umum

author photo April 24, 2021

Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Sumenep Gelar Kajian Pendidikan di Graha KH. Abdul Wahhab Hasbullah, Kebunagung Sumenep, Sabtu (24/4). Acara yang bekerjasama dengan Dewan Pendidikan Kabupaten Sumenep (DPKS) ini dikemas dengan Serap Aspirasi Pendidikan dengan tema "Integrasi Pendidikan Agama dan Umum di Sekolah".

Hadir sebagai Narasumber dalam acara tersebut, Dr. Rahbini, tokoh pendidikan di Kabupaten Sumenep dan Abdul Wasid, Anggota Dewan Pendidikan Kabupaten Sumenep, serta puluhan Kader GP. Ansor Sumenep.

Menurut Abdul Wasid, Anggota Dewan Pendidikan Kabupaten Sumenep, integrasi pendidikan agama dan umum di sekolah sangatlah penting dalam rangka untuk mengembangkan pendidikan yang unggul dan berkualitas serta berakhlakul karimah. Lebih-lebih dengan banyaknya tantangan pendidikan yang terjadi selama ini.

"Banyaknya tantangan pendidikan saat ini perlu mendapat perhatian semua pihak, seperti yang menyangkut dekadensi moral, kenakalan remaja dan sebagainnya," terang Abdul Wasid saat menyampaikan materi dihadapan puluhan peserta.

Dengan demikian, lanjut Wasid, peran penting lembaga pendidikan selalu diharapkan dapat menjawab beragam problematika yang terjadi. Salah satunya dengan mengintensifkan penerapan integrasi pendidikan agama dan umum di Sekolah.

Selama ini, lanjutnya, banyak orang berlomba-lomba mengejar pendidikan dan lembaga pendidikan juga banyak yang menyediakan pendidikan gratis. Hal itu tentu bagus, namun akan menjadi problem kalau tidak diimbangi dengan kualitas dan keseriusan dalam menjalani pendidikan.
Sementara itu, Dr. Rahbini juga menegaskan bahwa integrasi pendidikan agama dan umum di Sekolah pada dasarnya sudah dilaksanakan sejak lama sehingga yang perlu dikembangkan saat ini adalah reintegrasi pendidikan baik di lembaga pendidikan  agama maupun pendidikan umum.

"Dalam integrasi pendidikan agama dan pendidikan umum ini, kita perlu melihat sejarah, dimana banyak tokoh-tokoh Islam di masa kejayaannya dulu juga menguasai beragam disiplin ilmu, sehingga diantara mereka ada yang ahli di bidang filsafat, kedokteran, matematika, dan sebagainya disamping juga ahli di bidang agama.

Usai pemaparan dari Narasumber, acara serap aspirasi pendidikan ini kemudian dilanjutkan dengan sharing bersama terkait beragam problematika pendidikan antara audien dengan Narasumber. (Syukkur)


This post have 0 komentar


:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

iqraa.id