banner

Senin, 22 Maret 2021

MDS Unik dimiliki Ansor Ranting Palokloan

author photo Maret 22, 2021

 

Gapura - Majelis Dzikir dan Shalawat Rijalul Ansor Pimpinan Ranting Gerakan Ansor Desa Palokloan eksis mengadakan kegiatan rutinnya setiap setengah bulan sekali. 

Darsono selaku ketua MDS tak pernah bosan memberikan tausiyah dan pembacaan kitab setiap pertemuan. Kitab klasik yang dibaca setiap pertemuan itu "Nashaihul 'ibad".  


Alumni Al-Is'af Kalabaan Guluk-Guluk itu dalam menyampaikannya menggunakan metode modern kekinian dengan tidak menghilangkan substansi isi kitab, ditambah dengan gaya khas humornya yang membuat jamaah Ansor terhibur (tertawa) tidak bosan menyimaknya.


Akan tetapi, sejak kepemimpinan baru; A. Quraisyi sebagai ketua  Ansor Ranting Palokloan  berkeinginan untuk merubah isi kegiatan rutinitas yang semula mengaji kitab klasik secara menoton menjadi kajian akademik untuk menggugah semangat berfikir para pemuda Palokloan. Semisal mengkaji fenomena-fenomena kekinian, isu-isu strategis agar pemuda tidak ketinggalan zaman. 


Disisi lain, keunikan yang dimiliki Ansor  Ranting Palokloan sedikit berbeda dengan Ansor Ranting lain yang ada di Kecamatan Gapura adalah melaksanakan kegiatan MDS pindah-pindah tempat yakni ke Asta atau makam para Wali yang ada di Kabupaten Sumenep, (Asta Yusuf Talango dan Asta/Bujuk Panaongan Pasongsongan). Setiap MDS ke makam waliyullah pasti nginep berangkat sore pulang pagi.


Oleh Imam Fardi salah satu Sahabat anggota Ranting Ansor mengatakan: "Safari religi ini akan terus  dipertahankan agar supaya anggota Ranting betah di Ansor, karena kegiatan semacam ini tidak hanya semata-mata untuk mendapatkan Barokah para Waliyullah akan tetapi juga bernilai refreshing. 


Pewarta: M. Rukib

This post have 0 komentar


:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

iqraa.id