banner

Jumat, 05 Maret 2021

LPBI NU Sumenep Gandeng CBP IPNU, BANSER dan MWC NU Ganding Bantu Korban Banjir

author photo Maret 05, 2021

 

Kader NU Sumenep Bergandeng Tangah Memberishkan Parit - Foo Istmewa

Sumenep - Bencana alam kerap kali terjadi menimpa wilayah Kabupaten Sumenep akibat banjir dan angin kencang di beberapa daerah. Pada Kamis (04/03) misalnya, banjir menimbulkan kerusakan parah di wilayah Pondok Pesantren Darul Ulum Dusun Bilapora Desa Talaga Kec. Ganding. Kerusakan terjadi diantaranya pagar pondok roboh, beberapa lantai lokal ambles, dan rusaknya sarana prasarana pondok pesantren lainnya.

Terjangan banjir yang cukup keras tidak hanya menghancurkan area pondok pesantren, banjir yang diperkirakan setinggi 1 meter ini juga menyebabkan sebagian rumah warga mengalami kerusakan cukup parah. K. Imam Haromain, pengasuh PP. Darul Ulum, mengatakan terjadinya banjir diakibatkan curah hujan yang cukup deras.


”Karena derasnya hujan sekitar jam 12.00 WIB. Pada siang hari menyebabkan datangnya air kiriman yang cukup besar dari dari daerah selatan dan barat. Sehingga menghantam bangunan pondok pesantren dan menyebabkan kerusakan parah,” ungkap Kiai Imam.


LPBI (Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim) NU Sumenep bergotong royong bersama badan otonom lainnya seperti CBP (Corps Berigade Pembangunan) IPNU, BANSER,  MWC NU Ganding danmasyarakat sekitar langsung menuju kelokasi membantu korban banjir. Para kader NU ini bekerjasama membersihkan puing-puing bangunan yang rusak dan mengamankan barang-barang lainnya yang merupakan inventaris pondok pesantren.


Fathol Amin, Ketua LPBI NU Sumenep, mengatakan, kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa. Akan tetapi pondok pesantren mengalami kerusakan yang parah dan diprediksikan akan menghabiskan jutaan ribu rupiah untuk memperbaiki kembali.


"Kita semua kader NU siap sedia membantu masyarakat, utamanya pada saat terjadi musibah seperti sekarang ini. Alhamdulillah semua kader NU dari masing-masing lembaga responsif terhadap kebutuhan masyarakat pada saat bencana melanda," ungkap Fathol Amin. 


Harapannya kejadian ini tidak terjadi lagi. Salah satunya ialah gandeng tangan seluruh pihak dalam mengantisipasi terjadinya hal serupa di kemudian hari. 

This post have 0 komentar


:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

iqraa.id