banner

Senin, 22 Maret 2021

Lanjutkan Perjuangan, Ansor Sumenep Gelar Safari Kaderisasi Kepulauan

author photo Maret 22, 2021
Pembukaan Safari Kaderisasi Kepulauan I di PAC GP Ansor Kec. Gayam Pulau Sepudi (22/03) - Foto Istimewa

Sumenep - 
 Dalam rangka masifitas gerakan Ahlussunnah wal Jamaah an-Nahdliyah, Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Sumenep menggelar safari kaderisasi. Kegiata bertajuk Safari Kaderisasi I kali ini difokuskan di kepulauan di wilayah Kabupaten Sumenep, yakni Kecamatan Gayam di Pulau Sepudi pada 22-23 Maret 2021 dan Kecamatan Raas di Pulau Raas pada 4-5 April 2021.

Menurut Ketua PC GP Ansor Kabupaten Sumenep, Qumri Rahman, kaderisasi ini melanjutkan gerakan safari kaderisasi kepulauan yang telah digagas di kepemimpinan sebelumnya. Kaderisasi ke kepulauan yang selama ini digagas dan dilaksanakan ialah PKD (Pelatihan Kepemimpinan Dasar) dan Diklatsar (Pendidikan dan Latihan Dasar) Banser. 

"Hari ini kita melakukan kaderisasi PKD ke Kecamatan Gayam di Pulau Sepudi. Bulan kemarin sudah melaksanakan PKD juga di Kecamatan Nonggunong di pulau yang sama. Alhamdulillah antusiasme pemuda kepulauan sangat tinggi. Pada setiap PKD, tidak kurang dari 30 peserta yang kami latih menjadi anggota GP Ansor Sumenep, bahkan kalau sama Diklatsar bisa sampai angka sembilan puluh ke seratusan peserta. Minggu depan kita akan melanjutkan ke Pulau Raas. Insya Allah selepas lebaran melanjutkan ke pulau terluar di kabupaten Sumenep," ungkap Lora Qumri saat melepas pemberangkatan Instruktur PKD di Pelabuhan Kalianget, Senin (22/03) pagi.

Lora Qumri mengatakan bahwa kaderisasi adalah inti gerakan. Untuk itu Pimpinan Cabang GP Ansor Sumenep juga melanjutkan gerakan kepemimpinan di masa sebelumnya membentuk tim instruktur yang berasal dari pengurus harian dan Dewan Instruktur PC GP Ansor Kabupaten Sumenep. Menurut Qumri para instruktur ini telah dibaiat untuk mengabdi secara organisatoris pada Ansor-NU. Manakala diperintah harus siap sedia, seperti bertugas di Kepulauan di Kabupaten Sumenep.   

Penyampaian Materi ke-NU-an oleh Ketua Dewan Instruktur PC GP Ansor Sumenep, Kiai Abd Wasid - Foto Istimewa

Lebih lanjut Wakil Ketua Bidang Kaderisasi PC GP Ansor Kabupaten Sumenep, Adi Purnomo, mengatakan bahwa agenda Safari Kaderisasi Kepulauan I ini merupakan tindak lanjut dari hasil konfercab dan pra-raker yang telah dilaksanakan jauh-jauh hari. Harapannya dengan pelaksanaan Safari Kaderisasi akan muncul bibit-bibit baru kader Ansor yang militan.

"Kita sejenak rela 'meninggalkan' keluarga dan kepentingan lainnya untuk Ansor-NU. Kami telah dilatih untuk mengoptimalkan pengabdian pada Ansor-NU demi tegaknya nilai-nilai Islam ala Ahlussunnah wal Jamaah an-Nahdliyah. Semangat ini yang kami bawa ke mana-mana, utamanya pada kesempatan kaderisasi. Tidak hanya itu, kami telah melakukan pendataan dan penataan kader hingga ke ranting-ranting agar pasca PKD atau Diklatsar kader yang telah dibaiat nantinya tidak merasa ditinggalkan," ucap Adi, Senin (22/03) pagi.

Mantan Ketua PC PMII Kabupaten Sumenep ini menambahkan bahwa pada kepemimpinan Qumri Rahman, pihaknya juga telah membentuk Dewan Instruktur yang terdiri dari kepengurusan harian lama yang telah demisioner. Dewan Instruktur ini membantu dan memberikan arahan terkait kaderisasi di lingkungan GP Ansor Kabupaten Sumenep. (Acung)

This post have 0 komentar


:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

iqraa.id