banner

Selasa, 16 Maret 2021

Qumri Rohman : Inilah Tanda-tanda Orang Akan Meninggal Dunia

author photo Maret 16, 2021

Pimpinan Ranting GP Ansor Desa Grujugan Kec. Gapura Gelar Pelatihan Tajhiz Jenazah (16/03) - Foto Istimewa
 
Sumenep - Pimpinan Ranting (PR) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Desa Grujugan Kecamatan Gapura Sumenep melaksanakan pelatihan Tajhiz Jenazah yang diisi langsung oleh Ketua PC GP Ansor Kabupaten Sumenep, Lora Qumri Rahman. Kegiatan yang diinisiasi oleh PR MDSRA (Pimpinan Ranting Majelis Dzikir dan Shalawat Rijalul Ansor) Desa Grujugan ini dilaksanakan di Madrasah Diniyah Mathla’un Nur, Dusun Karang Mimba Grujugan, Gapura, Sumenep, pada Selasa (16/03) pagi .

Ketua Pimpinan Ranting GP Ansor Desa Grujugan, Asrawi, mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai media pembelajaran efektif bagi kalangan muda di Desa Grujugan. Selama ini pihaknya mengakui bahwa selama ini pemulasaran jenazah biasanya ditangani oleh kalangan tua, sementara kalangan muda lebih banyak menyumbang doa. 

"Inilah saatnya kalangan muda tahu cara mengurus jenazah. Dengan mengetahui cara mengurus jenazah kita akan lebih peduli pada tradisi pemulasaran jenazah sesuai syariat Islam,” ungkap Marzuki. 

M. Rukib, pengurus harian PAC GP Ansor Kecamatan Gapura, mengapresiasi kegiatan ranting Ansor ini. Pihaknya akan mendorong ranting-ranting di Kecamatan Gapura untuk melaksanakan kegiatan serupa. 

Dalam penyampaian materi, Lora Qumri menjelaskan perihal pentingnya kader-kader Ansor mengingat mati. Karena dengan mengingat mati kader akan terus terdorong untuk berbuat kebaikan dan menjalankan khidmat pada Ansor-NU dengan sepenuh hati. 

"Berbuatlah untuk perbuatan akhirat seakan akan mau mati besok dan berbuatlah dengan perbuatan dunia seakan hidup selamanya. Saya juga menyarankan, terutama pada diri sendiri, misalnya hendak menjenguk orang sakit untuk tidak berlama-lama kecuali memang diharapkan oleh yang sakit karena untuk menyenangkan dirinya,” ungkap lora Qumri.

Alumni PP. Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo dan PP. Sidogiri ini juga menjelaskan tanda-tanda orang akan mendekati akhir hayatnya di dunia. 

“Beberapa tanda-tanda orang akan meninggal dunia salah satunya dapat terlihat pada fisik, yaitu telapak kaki tampak lemas dan pelipisnya tampak cekung,” pungkasnya.

Lora Qumri mengajak seluruh hadirin untuk mengingat mati dan dapat mengurus orang mati dengan baik sesuai dengan tuntunan syariat Islam. Hal ini dilakukan agar terjaga tradisi yang sesuai dengan syariat yang dibawa nabi Muhammad Saw. Pada kesempatan ini disuguhkan materi dan teori mengenai tata cara mengurus jenazah dari awal hingga ke pemakaman. Penjelasan diselingi video aplikatif sehingga peserta dapat mencerna materi dengan baik. (Rofiki)

This post have 0 komentar


:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

iqraa.id