banner

Senin, 22 Maret 2021

Ansor Gapura Bedah Kitab Karya Kiai Busyro Karim

author photo Maret 22, 2021
Bedah Kitab Oleh Dr. KH. Abuya Busyro Karim, M.Si

Sumenep - Majelis Dzikir & Sholawat Rijalul Ansor (MDS RA) Gapura Bedah Kitab karangan mantan Bupati Sumenep Dr. KH. Abuya Busyro Karim, M.Si., di Aula MWC NU Gapura Lt II, senin pagi (22/3).

Acara ini di buka dengan Launching Ngaji Kitab Risalah Ahlussunnah Waljamaah (Karya Hadratusy Syaikh KH. Hasyim Asy'ari), dihadiri K. Bahrul Widad (Pembanding I), Dr. KH. Rahbini, M.Pd., (Pembanding II) serta Kiai Busyro selaku Penulis sekaligus Narasumber dalam acara tersebut. Dalam pemaparannya, Pengasuh PP. Al-Karimiah (Braji) ini menjelaskan tentang latar belakang penulisan kitab Nurul Karim.

"Secara subjektif, Kitab ini saya persembahkan untuk kedua orang tua saya. Ibu saya bernama Nur dan Bapak saya bernama Karim. Makanya kitab ini saya beri Judul Nurul Karim. Harapannya, dengan Kitab ini saya bisa memberi cahaya (pemahaman) bagi pembaca".

Disamping itu saya ingin sedikit menggelitik Intelektual NU lainnya agar tumbuh minat mereka untuk menulis. Mengingat, menurut catatan Kementerian Agama, di Sumenep baru ada 3 Kiai produktif yang banyak mengarang kitab. Diantaranya KH. Thoifur Ali Wafa (Ambunten), KH. Habibullah Rois (Kalabaan) dan KH. Maimun Busrowi (Lambi cabbi / Gapura Tengah). 

"Kitab ini sebenarnya merupakan buah dari pengalaman saya di pemerintahan yang saya kontekstualkan dengan Al-qur'an dan Hadits kemudian saya bukukan dalam bentuk kitab. Dalam kitab ini saya tidak banyak menulis, akan tetapi mengutip apa yang diajarkan para ulama dan saya tafsirkan", Pungkas Kiai Busyro.

Pewarta: As'adur Rofiki

This post have 0 komentar


:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

iqraa.id