banner

Minggu, 21 Februari 2021

Ansor Talango Perkuat Ikatan An-Nahdliyah Melalui Forum RTL

Februari 21, 2021
Forum RTL Ansor Talango yang Dipentik oleh Abdul Wasid, PW GP Ansor Jatim - Foto Istimewa

Sumenep - 
Dalam rangka memperkuat dan memasifkan kegiatan dan pengabdian di wilayah Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, sejumlah kader alumni PKD (Pelatihan Kepemimpinan Dasar) angkatan II PAC GP Ansor Kec. Talango membentuk Forum RTL (Rencana Tindak Lanjut). Kegiatan yang dipentik oleh Wakil Sekretaris PW GP Ansor Jawa Timur, sahabat Abdul Wasid, ini
dilaksanakan di Pantai Majapahit pada Ahad (21/2) siang.

Ketua PAC GP (Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda) Ansor Kec. Talango, Moh Rusdi, mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan ini dimaksudkan untuk menggerakkan dan memasifkan gerakan para kader di wilayah kerja GP Ansor Kec. Talango.

"Harapannya setelah kegiatan ini gregetnya semakin kuat. Alhmdulilah setelah PKD Angkatan II semakin masif. Hingga kini sudah lima ranting (dari tujuh desa yang ada) berdiri dan beraktifitas. Pada momen kali ini kami berpikir dan mengenyam pembelajaran dari sahabat Abdul Wasid yang nota bene sekretaris PC GP Ansor di masa sahabat M. Muhri. Kami belajar bagaimana menggerakkan roda organisasi dan memasifkan kegiatan kader. Setelah ini kami nanti akan menyusun langkah-langkah strategis rencana apa yang akan dilaksanakan sesuai kebutuhan masyarakat dan tentu juga dapat berdampak positif pada masyarakat setempat," ungkap Ustad Rusdi, panggilan akrab Moh. Rusdi

Pada kesempatan tersebut Kiai Abdul Wasid, yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua PCNU Kabupaten Sumenep, mengatakan bahwa dalam menggerakkan roda organisasi perlu langkah-langkah strategis dan terukur. 

"Taqwiyatul Jam'iyah atau penguatan organisasi ini harus dilakukan dengan serentak dan sinergis antar pelbagai unsur, utamanya bagi ranting-ranting yang sudah terbentuk. Penguatan harus sampai ranting. Saya sampaikan berkali-kali bahwa struktur GP Ansor yang paling inti ada ranting. Sama juga PC tidak ada PAC layaknya event organizer. Begitupula PW tanpa PC tak akan berarti apa-apa. Harga mati ranting betul-betul ada dan hidup. Selain itu,  tantangan kita hari ini bukan hanya level desa, tapi juga kampung," ucap Kiai Wasid.

Diiringi dengan hembusan angin semilir di pinggir pantai, Kiai Wasid meyakinkan seluruh kader GP Ansor Kec. Talango bahwa semua unsur harus berjalan bersama. Kiai Wasid mencontohkan pada masa-masa awal kepemimpinan sahabat M. Muhri banyak ranting tidak hidup. Melalui kerjasama, intensitas komunikasi, dan silaturrahim ke pelbagai pihak alhamdulillah hingga kini dapat mewarisi ranting-ranting di setiap PAC tumbuh bermekaran dan berkegiatan.

"Kapan kita dapat mendesimaniskan gagasan ahlussunah wal jamaah an-nahdliyah, kalau hanya berkutat di wilayah kabupaten. Untuk itu kita kudu memperkuat kaki-kaki. Kaki-kakinya ya ranting-ranting di setiap kecamatan. Indikasi awal berdiri dan berjalannya ranting ialah adanya kegiatan MDSRA (Majelis Dzikir dan Shalawat Rijalul Ansor) dan kegiatan insidental. Sekali lagi, kita bukan EO (Event Organizer), tapi kita adalah CO (Community Organizer)," lanjut Kiai Wasid. 

Kiai Wasid menjelaskan beberapa langkah yang dapat dilakukan pengurus Ranting dalam menggerakkan roda organisasi, paling tidak antara lain; pertama, melakukan intentiskan komunikasi , konsolidasi, dan komunikasi internal. Semakin tidak ketemu, semakin susah menggerakkan roda organisasi. Cara menghidupkan ranting di internal salah satunya ialah pengurus PAC sering turun ke ranting. 

Kedua, melakukan rekrutmen kader sebanyak-banyaknya dari berbagai kalangan. Tidak hanya melalu merekrut kader yang berlatar belakang santri atau alumni pondok pesantren. Siapa yang bisa melakukan amar makruf nahi mungkar kalau bukan kita. Para pemuda ketimbang nongkrongnya di pinggir jalan, ya ajak mereka alihkan nongkrongnya di Ansor. Misalnya, gopi-ngopi dulu, buat kegiatan yang disenangi kalangan muda seperti gowes, futsalan, voli, dan seterusnya. 

Ketiga, melakukan silaturrahim intensif ke pelbagai tokoh masyarakat, misalnya pada kiai-kiai kampung atau orang tua kita di MWC (Majelis Wakil Cabang) NU. Elonggui (disowani) berbeda dengan sekedar menelpon. Kalau tidak silaturrahim kita bisa tercerabut dari akar. 

Keempat, dalam berkegiatan diupakan bekerjasama dengan siapa saja, misalnya dengan pondok, takmir, atau personal. Usahakan kegiatan yang berdampak, misalnya kegiatan pengurusan jenazah, pelatihan khotib dan bilal, PHBI, dan kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya. Jangan lupa juga kita wajib menguasai media sosial. Karena media sosial adalah medan dakwah kita hari ini. 

Dan kelima, jika ada masalah dan konflik segera diselesaikan. Seperti halnya pada permainan sepak bola, intrik dan konflik dalam permainan biasa. Namun setelah permainan semuanya kembali ke semula. Ngumpul lagi. Ngopi lagi, dan seterusnya. 

Forum RTL yang diadakan oleh kader PAC GP Ansor Kec. Talango adalah wadah para kader alumni PKD. Hadir juga pada kesempatan tersebut Akis Jazuli, Anggota DPRD Kabupaten Sumenep. Walaupun sebagai anggota dewan, akis yang juga kader GP Ansor Kec. Telango siap berkontribusi pada upaya menggerakkan dan membangun GP Ansor di pulau Talango. 

"Pada prinsipnya saya sebagai kader GP Ansor Talango tidak akan tinggal diam. Bersama sahabat-sahahabat Ansor Talango kami akan lebih memasifkan syiar Islam Ahlussunnah wal Jamaah An-Nahdliyah sebagaimana menjadi nilai syiar Nahdlatul Ulama," ungkap Akis yang telah menyelesaikan proses kaderisasi dasar (PKD angkatan II) dengan tuntas. 

Akis, yang lahir dan besar di pulau Talango, menambahkan bahwa kehadiran GP Ansor saat ini di pulau Talango benar-benar dirasakan masyarakat. Salah satu upaya yang berhasil dilakukan ialah menggerakkan gotong royong melalui Banser Esto dan sosialisasi bahaya narkoba melalui BANAAR care. Selain sebagai kader, pihaknya berkomitmen untuk terus mendukung keberlangsungan GP Ansor Kec. Talango berkegiatan yang berdampak. (*)
 

This post have 0 komentar


:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

iqraa.id